Halte Trans Jogja Dilengkapi dengan Perpustakaan


Pengguna moda transportasi Transjogja kini bisa memuaskan dahaga akan pengetahuan yang tertulis dalam buku-buku bacaan. Pasalnya, halte Transjogja kini punya perpustakaan mini yang disebut "Pojok Baca Halte Bus".

Di tahap pertama ini, halte Transjogja Jalan Hayam Wuruk diubah untuk ditambahkan pojok baca di ruang tunggu bus. Paling tidak ada 30-an buki bacaan yang disusun di rak yang ada di dalam halte permanen tersebut.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Transjogja Sumaryoto, saat ini memang baru satu halte Transjogja permanen yang dipasangi Pojok Baca. "Dalam beberapa bulan kedepan, akan dilihat respon dari para penumpang, dan jika dinilai baik, tidak menutup kemungkinan jumlah Pojok Baca akan ditambah. Bagus juga penumpang sambil menunggu bisa baca buku, tapi nanti kita koordinasikan dengan Dinas terkait untuk penyediaan bukunya," ungkapnya ketika dihubungi wartawan Sabtu (6/5/2017).

Sumaryoto juga mengungkap nantinya Pojok Baca bakal dikembangkan di 30 halte permanen Transjogja. Saat ini terdapat sekitar 120 halte permanen Transjogja dan hanya sekitar 30 yang akan dipertahankan.

"Paling tidak di titik strategis seperti di halte Prambanan, bandara, Giwangan atau Jombor bisa difasilitasi Pojok Baca. Penumpang bisa membaca sambil menunggu diangkut, namun kita lihat bagaimana perkembangannya," imbuh Sumaryoto.

Sementara perwakilan PT Anindya Mitra Internasional (AMI) selaku operator Transjogja, Dyah Puspitasari juga menyambut baik penempatan Pojok Baca di halte Transjogja. Menurut dia ide tersebut bisa diperluas jangkauannya di halte Transjogja lain di wilayah DIY.

"Kalau kami melihat Pojok Baca ini ide bagus yang perlu didukung dan dikembangkan. Tapi catatannya harus jelas pengelolaannya bukan sekedar ada untuk formalitas," ungkapnya.

Peresmian Pojok Baca Halte Bus ini sendiri merupakan salah satu implementasi Gerakan Indonesia Membaca yang digelorakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kota Yogyakarta dipilih sebagai salah satu lokasi pelaksanaan gerakan tersebut. (Fxh). Source KRJogja

Kategori : News Yogyakarta
Tag : news-jogja


Share / Bagikan ...!?

Tampilkan Semua Berita